Kegiatan benchmarking yang dilakukan oleh Program Studi Pendidikan Profesi Guru (PPG) di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Sebelas Maret (UNS) telah memberikan wawasan berharga mengenai penerapan Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) serta inovasi dalam pembelajaran yang diterapkan di Universitas Negeri Yogyakarta. Melalui kegiatan ini, praktik-praktik terbaik berhasil diidentifikasi, sehingga dapat diadopsi dan disesuaikan untuk meningkatkan kualitas program PPG di FKIP UNS.
Dari hasil benchmarking, terdapat beberapa temuan penting yang dapat dijadikan acuan:

  1. Penerapan SPMI di Universitas Negeri Yogyakarta menunjukkan pendekatan yang menyeluruh dalam pengelolaan mutu pendidikan, terutama dalam aspek monitoring dan evaluasi kinerja program PPG. Sistem ini dapat menjadi acuan bagi FKIP UNS untuk menyempurnakan implementasi SPMI yang telah ada, serta membantu dalam penetapan standar kualitas yang lebih tinggi.
  2. Inovasi dalam Pembelajaran yang diterapkan di Universitas Negeri Yogyakarta, seperti pemanfaatan teknologi informasi dan pendekatan pembelajaran berbasis proyek, menawarkan inspirasi yang sangat relevan untuk diimplementasikan di FKIP UNS. Pendekatan-pendekatan ini diharapkan dapat memperkaya metode pengajaran yang digunakan, sehingga mampu meningkatkan kompetensi calon guru dan mempersiapkan mereka lebih baik untuk tantangan di dunia pendidikan.
  3. Peluang Kerjasama Strategis yang dihasilkan dari kegiatan benchmarking ini membuka jalan bagi FKIP UNS untuk menjalin kemitraan yang lebih erat dengan kedua institusi yang dikunjungi. Kerjasama ini diharapkan dapat mendukung pengembangan program PPG secara berkelanjutan melalui pertukaran pengetahuan, pengalaman, dan praktik terbaik, yang pada gilirannya akan meningkatkan mutu pendidikan di FKIP UNS.

Secara keseluruhan, kegiatan benchmarking ini memberikan gambaran yang lebih jelas mengenai langkah-langkah yang perlu diambil oleh FKIP UNS untuk meningkatkan mutu program PPG. Dengan memanfaatkan temuan-temuan ini, FKIP UNS dapat merancang strategi yang lebih efektif dalam mengimplementasikan SPMI dan inovasi pembelajaran, serta membangun jaringan kerjasama yang lebih luas dengan institusi pendidikan lainnya. Hal ini diharapkan akan membawa dampak positif tidak hanya bagi pengembangan program PPG, tetapi juga bagi peningkatan kualitas pendidikan secara keseluruhan di lingkungan FKIP UNS.

By Published On: October 12th, 2022Categories: Kerjasama, Pengumuman